Nostalgia SMA, gara2 TOENAS… ^_^


Membersamai TOENAS 2011, aku hanya sedikit memberikan wejangan2 yang mungkin tak banyak membantu adik-adik. Tiba-tiba ngumpulin seluruh etoser, ngomong panjang lebar dengan semangat menggebu-gebu, memaksa setiap orang bergerak dalam gerakan TOENAS ini. Aku pun tak ketinggalan ikut turun ke lapangan. Nyebar publikasi. Meski tak banyak yang bisa kulakukan.
Aku diamanahkan untuk publikasi di SMA N 1 Magelang. Sedikit membuka kenangan lama saat memasuki kembali almamaterku itu. Setelah sekian lama tak silaturrahim ke SMA, terakhir mungkin tahun 2007, saat ngisi pesantren Ramadhan. Setelah itu, memang sesekali ke SMA, janjian reuni Bantara, atau apalah. Tapi hanya sekedar ke sekolah, berjumpa dengan teman2, dan tak berinteraksi dengan pihak sekolah. Yang terakhir ya tahun 2007 itu, sempat banyak diskusi dengan beberapa pembina Dewan Islam Sekolah. Kali ini, ke sekolah, janjian dengan salah satu waka SMA 1 Magelang. Masuk gedung induk. Ehm…suasana sangat berbeda. Di depan kantor TU ketemu salah satu guru, menyapanya. Sedikit ngobrol. Hanya memperkenalkan diri sebagai alumni. Maklum, memang tidak terlalu dekat dengan guru tersebut. Jadi sudah ku pastikan beliau tak ingat denganku.

Saat memasuki ruang guru, kutemukan wajah2 asing, guru baru di SMA itu. Maklum, sudah hampir tujuh tahun yang lalu resmi tak lagi menyandang gelar siswa SMA N 1 Magelang. Kusalami satu demi satu guru putri. Jujur, dari tiga guru putri yang kusalami, aku lupa nama ibu guru itu semua. Ketiga2nya belum pernah mengajar di kelasku. Baiklah, maafkan saya ibu-ibu guru… dengan salah satu guru berjilbab (aku ingat, namanya Bu Depe), saya sempat ngobrol-ngobrol sedikit, namanya siapa mb? Aku agak bingung jawabnya, sebagian guru memenggilku fauziah, sebagian lagi fauzi, dan sebagian kecil memanggilku uzi. Akhirnya kujawab ketiga-tiganya. “Oh, fauziah ya? Ibu agak ingat.” Iyakah? Sebenarnya aku agak ga yakin, tapi semoga ibu guruku itu benar2 ingat aku, karena ibu itu dulu pembina pramuka. Aku kan Dewan Pemangku Adat. Obrolan itu pun berujuang dengan kalimat, “minta do’anya ya bu, biar segera lulus” ^_^

Lalu… muncul seorang guru dengan wajah yang sangat tidak asing. Sepertinya sangat kenal. Akrab. Pas mengingat2, kok malah muncul nama2 orang di DPW. Wah, siapa ya? Ga ingat! Ckckck… uzi tu ada2 aja. Hingga tiba2 aku pun tak sadar agak teriak, “Pak Sus….” sambil tersenyum lebar dan mengatupkan kedua tanganku di depan dada. Mengajukan tangan model salaman tanpa sentuhan (katanya salaman ala sunda). “Pak Sus pasti lupa sama saya ya? Saya dulu IPA 1 Pak.” Pak Sus pun nampak sedikit menyernyitkan dahi tanda bingung dan mengingat. “Lulus tahun kemarin ya?”. Waduh, saya masih nampak muda kali ya, batinku. He2. “bukan Pak, saya udah tua. Hampir tujuh tahun yang lalu saya lulus dari SMA ini. Saya angkatan 2004 Pak.” Pak Sus terlihat bingung. Trus, aku pun memulai perbincangan dengan Pak Marsono, Waka Kurikulum. Sebenarnya beliau guru yang terhitung baru, tidak ngonangi pas aku jadi siswa SMA 1 Magelang. Tapi kebetulan pernah sedikit kenal pas beliau jadi guru di SMA 4 Magelang.

Mulai menjelaskan TOENAS. Berbincang banyak tentang Etos. Tiba-tiba Pak Sus nyamperin lagi, “dulu seangkatan sama siapa saja?” “saya anak ROHIS pas yang dibubarkan itu lho Pak, pas ketuanya Arif Widodo. Saya seangkatan sama Arif Widodo.” “Oh, yang istrinya anaknya pak Tri Widodo itu, yang anaknya agak besar.” “Iya Pak, suaminya Nana, teman seangkatan saya juga.” Pak Sus sepertinya agak ingat. Beliau meninggalkan kami lagi. Aku pun melanjutkan diskusi tentang Etos, dan tentang masa depan Indonesia (jiah…).

Tiba-tiba Pak Sus nyamperin lagi. “sekarang saya ingat, Fauziah, yang sering sakit perut itu ya? Yang sering izin di tengah pelajaran. Yang sering ga masuk sekolah. Yang sering meringis karena sakit di kelas. Iya kan?” Waduh, gubrak! Kok ya itu yang diingat. Tapi ga pa2, paling tidak beliau ingat. Padahal beliau pembina pramuka juga. Tapi aku lupa ingatkan beliau kalau aku bantara. Bantara zamanku kan masih jadi the most wanted. Lebih keren dari anak2 OSIS, katanya si. Tapi sekarang ya ga tahu kek mana.
Ehm…Pak Sus ternyata ingat. “Sebenarnya kamu tu sakit apa e? Sekarang udah sembuh?”
“sakit apa ya Pak? Namanya si Gastritis, istilah umumnya maag atau tukak lambung. Tapi dulu udah akut dan malah saya ga ngrasain sakit maagnya, tapi langsung parah, asam lambung tekanan tinggi banget, bahkan sering ga kuat buat duduk. Makanya kalau dah mulai sakit saya izin pulang di tengah pelajaran Pak. Atau kalau ga, ya ga masuk sekolah. Makanya dulu setiap kali saya masuk sekolah, teman2 seneng dan menyambut. Saking seringnya ga masuk. Ingat Pak?”
“sekarang udah ga lagi?”
“Alhamdulillah sudah lebih baik Pak. Sudah sehat. Sesekali kumat tapi ga parah.”
“Diobati apa?”
“Apa ya Pak? Saya bingung jawabnya. Kenapa bisa sembuh ya?” ini kujawab sambil cengar cengir.
Sambil tertawa, Pak Sus berkelakar “saking banyaknya obat yang dimakan ya? Sampai bingung mana yang bikin sembuh.”
“Iya Pak. Saking banyaknya obat, tapi malah ga ada yang tak makan Pak. Pakai obat2an alami aja Pak.”
Sambil ketawa, Pak Sus kembali mengingat masa lalu itu, saat2 aku sering diledekin di kelas, dan dipaksa maju ke depan untuk mengerjakan soal sama Pak Sus, dan aku sering menolaknya.
Sampai2 sering merepotkan beberapa orang utk mengantarku pulang ke rumah. Atau harus kontak rumah, untuk minta Bapak jemput di sekolah.
Yah…jadi ingat masa2 itu. Ehm… indahnya masa SMAku, meski mungkin tak seindah yang dialami teman2 yang lain, karena aku harus mengakhiri dengan tidak mulus. Ya, aku ujian susulan saat UAN dan UAS. Saat teman2 sudah bebas, aku masih ujian. Sendirian di pojok ruang guru. Bahkan ujian terakhirku, ujian fisika, harus ujian di ruang UKS. Sendirian. Dengan perasaan cemas menunggu pengumuman. Ehm…hari itu, saat ku ke SMA setelah sekian lama, aku seperti bernostalgia kembali…
Saat dimarahi di ruang guru karena pakaianku yang berbeda dari yang lain (model bajunya). Saat menjadi bulan2an bu Win, guru biologi, karena satu semester tak satupun ulangan yang kuikuti. Ehm…Alhamdulillah ‘ala kulli hal. Semua menjadi kenangan indah…
Ehm…ingat Pak Sus? Ingat TELO, CASSAVA… Aneh juga itu Pak Sus mondar mandir nyamperin sambil nginget2…Subhanallah…akhirnya berhasil mengingatku!
Ehm…to be continued…

Advertisements

One thought on “Nostalgia SMA, gara2 TOENAS… ^_^

  1. Ass Fauziah, mohon infonya dong, kenal dengan Sri Indah Lestari Binti Sunoto (kelahiran wonosobo) lulusan Smun 1 Magelang 2004? Punya no hp dan alamat rmhnya yg di jakarta sekarang? Makasih yo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s