Setelah lama tak menyapa dakwah sekolah


Sebuah Catatan, 10 Desember 2011

Hari ini, alhamdulillah aku bisa hadir kembali ke almamaterku ini. Meski masih dalam kondisi lemah, kuupayakan ke Magelang. Lama tak pulang naik bis. Naik bis ekonomi, butuh kondisi jantung yang prima, karena harus menghadapi sopir yang ugal2an dengan klakson yang terus2an meneriaki kendaraan lain. Alhamdulillah selamat sampai rumah.
Hari berikutnya, sudah mewanti2 panitia agar menyiapkan pembicara cadangan, karena kalau hujan jelas aku tak bisa datang. Tak mau dimarahi dokter karena hujan2an. Alhamdulillah hari ini cerah sehingga bisa mengayunkan langkah menuju sekolah, dengan diantar kakakku. Sesaat sebelum berangkat dari rumah, awan hitam nampak di arah barat. Aku berdoa semoga awan itu masih di barat kota Magelang, dan tak terbawa angin menuju kota.
Melihat kota Magelang serasa asing. Wah, udah ada taksi sekarang… kemajuan. Mall megah pun udah berdiri di pinggiran kota. Walah…konsumerisme sudah mulai merasuki Magelang. Baiklah, para pengusaha kecil, bersabarlah…
Kembali ke pokok tulisan. Senang berada di ruangan itu, ruangan yang masih selalu digunakan untuk agenda2 dakwah, dengan kondisi yang sudah lebih baik jika dibandingkan terakhir aku ada di ruangan itu. Ruangan itu, tetap di tempat yang sama, meski gedung sekolahku sudah jauh berubah. Aula SMA N 1 Magelang.
Masuk ruangan, tepat saat waka kesiswaan memberikan sambutan. Wah, mendengar apa yang beliau sampaikan, aku sempat terkesima. Dukungan pihak sekolah sudah luar biasa besar, tak seperti jamanku dulu, seret (huruf e dibaca seperti huruf e dalam kata emak). Support dana pun mudah. Apalagi pas ngobrol sama salah satu adik di situ, mentoring sekarang sudah wajib di SMA-ku. Subhanallah… Alhamdulillah… Jadi ingat saat aku memperjuangkan mentoring di SMA 1 Magelang beberapa tahun silam. Saat harus presentasi semua konsep itu ke kepala sekolah dan jajarannya. Awalnya ingin mengajukan sistem wajib mentoring, saat itu target minimalnya, paling tidak kalo ga bisa wajib, mentoring legal di sekolah. Alhamdulillah target minimalnya tercapai, “kita lihat nanti, setelah mentoring ini berjalan, apakah signifikan atau tidak untuk siswa yang mengikuti mentoring itu dari sisi akhlaq dan kefahaman agama. Setelah itu, nanti kita evaluasi lagi.” tantang salah satu waka saat itu. Setelah berjalan beberapa tahun, belum ada perkembangan konsolidasi dengan pihak sekolah, hingga tahun 2007 aku harus pamitan dari sekolah untuk fokus ke kampus. Akhirnya…kini sekolah sudah mencanangkan program wajib mentoring. I’m so surprised… Sayang tak sempat ngobrol dengan guru-guru pembina DIS. Karena setelah pembukaan aku harus segera siap2 ngisi.

Karena acaranya agak molor, jadilah…aku harus agak cepat menyampaikan. Ehm…aku ternyata masih lemes. Terpaksa, minta izin ke peserta untuk berdirinya agak bersandar ke meja. Kusampaikan bahwa aku masih dalam masa pemyembuhan, setelah dua bulan lebih istirahat total. Aku malah kaget melihat reaksi peserta, kok pada tepuk tangan ya? Geleng2 kepala akunya…
Panitia juga kaget, lho…sakit tho? Kok ga bilang2 e. Hehe… insya Allah sekarang sudah sehat 🙂

slide


Alhamdulillah…hari ini lancar mengisi training, senang melihat semua peserta antusias. Jujur aja, kali ini aku merasa sangat diperhatikan oleh peserta (jadi malu…), semua peserta kulihat hampir seratus persen fokus pada materi yang kusampaikan, dari awal sampai akhir. Mungkin mereka cukup berempati karena di awal aku bilang “mba sedang tak sesehat kaliaan, dan mba tak mau diduakan, jadi tolong fokus pada mba ya.” Hehe…maksa
Lega sekali rasanya, hari ini akhirnya bisa hadir. Pertengahan November sempat diundang juga ke SMA untuk ngisi, tapi saat itu ternyata aku belum bisa. Makin bersemangat untuk sehat, agar makin bermanfaat untuk ummat. SEMANGAT SEHAT!!!

the last...

Advertisements

8 thoughts on “Setelah lama tak menyapa dakwah sekolah

  1. @semak : dua kata juga, terima kasih…
    @Hasan : Yup, Alhamdulillah… insya Allah pelan2 akan pulih seperti sedia kala…Amiin
    @Puji : iya nduk, Alhamdulillah… Dakwah Sekolah, menjadi kenangan indah mengantarkan pada hidayah…

  2. You post interesting articles here. Your page deserves
    much more visitors. It can go viral if you give it initial
    boost, i know useful tool that can help you, simply type in google: svetsern traffic tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s